Tangan Berbagi Indonesia Bersama BPBD NTB, Santuni 500 Warga Dhuafa Lombok Barat

Pembagian Santunan secara simbolis oleh Bapak Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Perwakilan BPBD NTB, Lalu Ahmad Yani, S.Km, M.Kes. Pembina Tangan Berbagi Bapak Jajak Sumijan | Foto Lalu Sahid

Lombok Barat, BerbagiNews.com – Jumat (31/05/2019) Tangan Berbagi Indonesia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar pembagian santunan untuk korban gempa di empat Desa di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si, Sekretaris Tim Monev Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD NTB Lalu Ahmad Yani, S.Km, M.Kes dan Pembina Tangan Berbagi Indonesia Jajak Sumijan.

Dalam pembagian santunan tersebut pembina Tangan Berbagi yang juga General Manager Damri NTB. Jajak sumijan yang akrab disapa Kang Jajak dalam sambutanya menyampaikan bahwa Tangan Berbagi sudah banyak berbuat untuk masyarakat Lobar’ Tangan Berbagi Indonesia menyadari bahwa banyaknya permasalahan dalam pemerintahan tentang kemanusiaan tidak mugkin dapat tertangani semua. Maka dari itu atas ijin Allah SWT dan berkat kepedulian serta ketulusan Tim Tangan Berbagi telah berbuat banyak dan membantu masyarakat terutama di Lombok Barat”. Tuturnya

Selain itu, BPBD NTB yang diwakili oleh Lalu Ahmad Yani mengungkapkan apresiasinya kepada Tangan Berbagi atas ide pelaksanaan kegiatan tersebut, Yani menyebut hingga saat ini masih banyak korban gempa yang membutuhkan uluran tangan terutama bagi rumah mereka yang belum terbangun. “saya berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat hususnya di wilayah Gunungsari dapat diringankan dengan santunan ini, apalagi masih banyak yang rumahnya belum terealisasi pembangunanya”. Terangya.

Disisi lain menurut Yani, masyarakat harus aktif dan tidak berlama lama dalam menentukan jenis program pembangunan rumah mereka sehingga cepat terealisasi.

Sementara itu Kepala pelaksana (Kalak) BPBD NTB H. Akhsanul Khalik, S.Sos, MH, dalam pesan singkatnya menyampaikan “Bahwa ini merupakan gebrakan awal yang baik untuk di tiru dan dilaksanakan, sehingga dapat memotivasi pihak lain terutama di internal BPBD, untuk melaksanakan tugas tugasnya dengan lebih baik dan transparan” tulisnya.

Baca Juga :  Tilar Negara Butuh Titik Terang
Suasana Pembagian Santunan Warga Kecamatan Gunungsari Lombok Barat di Aula Kantor Camat Gunungsari | Foto Lalu Sabdi

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Camat Gunungsari tersebut memberikan santunan kepada 500 Warga yang berada di empat Desa Di Kecamatan Gunung Sari. 150 Warga Desa Gunung Sari, 150 Warga Desa Dopang, 100 Warga Desa Taman Sari dan 100 Orang Warga Desa Kekait.

Sebelumnya Bupati Lombok Barat pada kesempatan tersebut memberikan arahan. Dalam sambutanya Fauzan menghimbau agar masyarakat yang mampu untuk saling membantu, terlebih Tangan Berbagi untuk melanjutkan kegiatan sosial ini secara lebih luas dan berkoordinasi dengan Kepala Dusun, Kepala Desa dan Camat sehingga bantuan tersebut tidak salah sasaran dan merata kepada warga yang membutuhkan. “saya apresiasi apa yang dilakukan oleh Tangan Berbagi hari ini, karena hal ini tidak cukup dan tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, harus ada lembaga seperti ini. Namun saya berharap untuk selalu berkoordinasi dengan unsur pemerintah yang ada ditingkat bawah sehingga ada pemerataan” ungkapnya.

Kegiatan berbagi ini merupakan aksi sosial yang kesekian kalinya oleh Tangan Berbagi Indonesia. sebelumnya Tangan Berbagi mengunjungi Lapas Mataram dengan melakukan agenda berbagi Wakaf Al-Quran dan takjil kepada ribuan Warga Binaan Lapas. Berbagi dengan ikhkas’ Tangan Berbagi terus melakukan kegiatan sosial dengan menyasar masyarakat yang membutuhkan. (Abd/BBN)