by

Tradisi Malean Sampi, Ajang Silaturrahim dan Keakraban

Lombok Barat, BerbagiNews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Selat, pada Minggu pagi 15 Maret 2020, menggelar Tradisi Event Malean Sampi yang diselenggarakan di Dusun Selat Timur Desa Selat Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan Event Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag. M.Si, Camat Narmada Ibu Baiq Yeni S. Ekawati, Danramil Narmada, Anggota Dewan DPRD Lombok Barat Dapil Narmada, Kepala Kepolisian Sektor Narmada, Kepala Desa Nyurlembang, Kepala Desa (Kades) Selat dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan Event Malean Sampi diawali para peserta atau Joki dan Sapi, kumpul di Balai Kantor Desa setempat untuk kemudian melakukan Parade atau pawai berjalan kaki serta jalan bersama ke lokasi acara event yang diiringi Musik Tradisional Gendang Beleq. Sepanjang jalan masyarakat sangat antusias menyaksikan kegiatan tersebut yang mendapat pengawalan dari Kepolisian Sektor Narmada, Babinsa dan Polmas Desa Selat.

Dilokasi berlangsungnya acara event dipadati oleh ribuan Masyarakat yang mengelilingi arena event yang ingin menyaksikan langsung para joki handal mereka untuk Malean Sampinya. Dan pantauan tim liputan kami juga bahwa para pengunjung bukan hanya masyarakat desa setempat saja, namun ada juga Turis Mancanegara yang kebetulan melewati tempat event dan mengabadikan moment langka tersebut.

Tradisi Event Malean Sampi ini baru pertama kali diadakan di Desa Selat yang diikuti oleh 47 Peserta dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Narmada dan Kecamatan lingsar dan masing masing peserta membawa dua ekor sapi untuk berlaga di event.

Dalam sambutannya Kades Desa Selat Sabudi, S.Sos.I, menyampaikan bahwa Event ini diadakan dalam rangka untuk menjalin silaturahim antar para petani dan peternak se-Kecamatan Narmada dan sebagai wujud rasa syukur yang mana setelah selesai panen padi dan untuk melanjutkan ke tanam musim tanam padi berikutnya.

Baca Juga :  Sejarah Baru, Dirum PDAM Giri Menang diisi Perempuan

Event ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Desa Selat, mudah mudahan ada manfaat dan barokahnya sehingga bisa kita laksanakan setiap tahunnya,”Tambah Sabudi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Kelompok Malean Sampi Pade Girang, H. Warti Asmunandi dan sebagai Panitia Penyelenggara Event Malean Sampi, menyatakan bahwa
Tradisi malean sampi ini sudah melekat sejak zaman dahulu kala secara turun temurun dikalangan para peternak sapi dan petani di Narmada Lombok Barat.

Awalnya kegiatan Event ini sebagai hiburan semata disela sela bertani pada musim hujan, namun tradisi ini sebagai adat budaya yang tetap terus di lestarikan karena sebagai warisan dari nenek moyang, sebagai tanda tasyakuran bahwa para petani sebagai tahap akhir melaksanakan atau mengolah sawah untuk ditanami padi,” Tambah H. Warti Kades Desa Nyurlembang dua periode tersebut.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag. M.Si, yang hadir dalam membuka dan melepas Event Malean Sampi Selat 2020.

Sementara itu Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag. M.Si, dalam sambutannya dan membuka secara resmi event Malean Sampi sangat mengapresiasi event yang sangat luar biasa ini karena di samping kegiatan Malean Sampi kita juga bisa temui tradisi Manoang (sajian) makanan kepada petani yang sedang menggarap sawah. dan menyampikan bahwa Event Malean Sampi ini menjadi agenda pemerintah Kabupaten Lombok Barat Dinas Pariwisata untuk di support kegiatannya dan dibantu publikasinya yang diharapkan tidak hanya diketahui oleh masyarakat Lombok tetapi juga oleh masyarakat Internasional.

Kepala Desa saat menyerahkan Piala kepada para pemenang Malean Sampi.

Diakhir kegiatan Malean Sampi, Kepala Desa Selat Sabudi, menyerahkan Piala dan uang pembinaan kepada para pemenang Malean, Juara 1, 2, 3 Kelas Wader A, Juara 1, 2, 3 Kelas Wader B, Juara 1, 2, 3 Kelas Jagiran, serta kepada Juara Umum Malean Sampi. (sahaya/bbn).

Dari Lombok Barat, Pahrurozi, Mamiq Sahaya Melaporkan

News Feed