by

Toleransi Umat Beragama, Pemuda Hindu Bagikan Masker ke Jamaah Sholat Idul Fitri

-Berbagi, Inspira-103 views

Lombok Barat, Berbagi News – Pemandangan yang cukup unik. Toleransi umat beragama, umat Hindu terlihat saat Covid-19 dan moment Idul Fitri tahun 1441 Hijriyah. Puluhan Pemuda dan Pemudi Hindu “Kusuma Wijaya” Desa Kuripan Membagikan masker kepada jamaah sholat Ied. Di beberapa Musholla dan Masjid yang ada di Desa Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Minggu, (24/05/2020)

Sebanyak 23 orang pemuda dan pemudi “Kusuma Wijaya” dari Dusun Monto Desa Kuripan melakukan edukasi dan membagikan 1.500 masker kapada para jamaah yang memilih sholat Ied di Musholla dan Masjid masing masing pada tahun ini. Dengan menggunakan baju persatuan banjar dan pakaian adat khas Hindu, mereka membagi tugas di musholla dan Masjid yang sudah ditentukan. Menurut Koordinator pemuda yang juga sekaligus Kepala Dusun Monto Cokorde Ketut Bambang menyampaikan hal ini merupakan bagian dari toleransi kita.

“Ini adalah bentuk toleransi kami kepada sesama untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan,” Tuturnya.

Lebih lanjut Cokorde menjelaskan kegiatan ini dalam rangka membantu teman teman muslim untuk mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan masih mewabahnya Covid-19 ini.

“Ini juga bagian dari tugas kita bersama untuk mengingatkan saudara kita agar tetap memperhatikan protokoler kesehatan karena masih mewabahnya Corona ini”, Kata Cokorde.

Dalam aksi tersebut, Mereka tidak sungkan untuk berdiri di depan gerbang Masjid dan Musholla kemudian mengucapkan selamat sambari membagikan masker kepada para Jamaah yang datang untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri. Kegiatan tersebut mulai dipersiapkan dari jam 6 pagi hingga sholat Ied di masing masing musholla dan Masjid dimulai.

Di akhir kebersamaanya mereka secara bersama yang dipimpin oleh Koordinatornya mengucapkan selamat Idul Fitri kepada ummat muslim.

Baca Juga :  Keluarga Papuk Jumisah Dirikan Diniyah

“kami dari muda mudi Hindu Kusuma Wijaya. Mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf lahir dan Batin”, Ucap mereka.

Sementara itu. Kepala Desa Kuripan, Hasbi mengucapkan terimakasih atas kebersamaan tersebut. Menurutnya ini adalah wujud dari toleransi ummat beragama dalam rangka saling mengingatkan, membantu dan menjaga kebersamaan.

“Saya sangat tersentuh dengan aksi teman teman Hindu, Ini merupakan bagian dari kebersamaan kami di Desa ini. Berbeda tapi tetap saling menghargai. Sekali lagi terimakasih. Kuripan aman dan damai. Semoga kita terhindar dari CoViD-19. Amiin”, Tutur Hasbi. (Abd).

News Feed